Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENTINGNYA MENUNTUT ILMU

Menuntut ilmu memang wajib dan penting bagi kita semua. Tidak mengenal batas usia dan waktu. Dalam HR. Ibnu Abdil Bari menyatakan:

 

 “Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat” dan dalam HR. Muslim menyatakan,” Carilah ilmu dari buaian sampai liang lahat”. Bahkan dari masih dalam kandungan pun kita kita sudah mendapatkan berbagai macam ilmu. Baik ilmu Pengetahuan Agama, Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial, dan lain sebagainya. Sebenarnya tujuan kita menuntut ilmu itu untuk apa ? Apakah untuk pamer kepada orang lain? Apa untuk menyombongkan diri? Apa untuk mendapatkan pekerjaan semata ? Banyak orang berlomba-lomba menuntut ilmu dengan alasan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Tapi jika tidak sesuai harapan mereka akan berkata,”Untuk apa kita sekolah tinggi-tinggi jika akhirnya kita hanya menjadi seorang pengangguran.”
            Telah bersabda Rosulullah SAW,” Jadilah engkau orang yang berilmu, atau orang yang belajar, atau orang yang mendengarkan ilmu, atau orang yang memakai ilmu, dan janganlah engkau menjadi orang yang ke-5 maka kamu akan celaka(HR. Baehaqi).”. Ilmu tidak harus didapatkan dari pendidikan formal tetapi  juga dapat kita dapatkan di pendidikan non formal bahkan di sekitar lingkungan kita sendiri.
”Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan kesurga(HR. Muslim). ”
Qs Al Mujadalah ayat 11:
  “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)”.
            Jadi, jangan kita pelit akan ilmu. Jika kita mendapatkan ilmu alangkah baiknya kita membagikanya. Jangan merahasiakanya demi kepentingan diri-sendiri. Sekarang kita telah mengetahui sebegitu pentingnya menuntut ilmu bagi kehidupan kita semua. Janganlah kita menyia-nyiakan ilmu sedikitpun yang nantinya akan merugikan diri kita sendiri.
                                    

                                                                                                                                       

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar